Ini Daftar Bencana yang Diperkirakan BNPB Terjadi Pada Tahun 2019 - OraLucu News

Ini Daftar Bencana yang Diperkirakan BNPB Terjadi Pada Tahun 2019


Ilustrasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memprediksi bencana apa saja yang akan terjadi,  sekitar 2500 bencana di Tanah Air pada 2019 di prediksi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNPB, yang bernama Willem Rampangilei, dalam acara Evaluasi Penanggulangan Bencana 2018 dan Tantangan 2019 di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur pada hari Rabu tanggal 19 Desember 2018


Menurutnya bahwa pada 2019, Indonesia akan didominasi berbagai bencana hidrometeorologi, yaitu bencana yang dipengaruhi faktor cuaca, seperti banjir dan tanah longsor akibat musim hujan, hingga kekeringan dan kebakaran yang disebabkan oleh musim kemarau.

Terjadi juga bencana banjir diperkirakan melanda Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.  Banjir dan longsor akan terjadi sejak awal tahun hingga bulan April. Ini akibat curah hujan yang memuncak pada Januari 2019.

Selain beberapa bencana hidrometeorologi, Willem juga mengatakan Indonesia masih berpotensi dilanda bencana geologi pada 2019.  Terjadi bencana geologi berhubungan dengan pergerakan dalam bumi, seperti gempa, gunung meletus, dan tsunami.


Apabila bencana hidrometeorologi mampu diperkirakan dengan pergerakan cuaca, bencana geologi hingga kini masih sulit untuk diprediksi kedepan.

Willem juga tengah mengatakan masyarakat harus waspada, lantaran Indonesia dikelilingi lempeng Hindia-Australia, Pasifik, dan Eurasian. Hal tersebut berarti negara Indonesia memiliki potensi bahaya terjadi bencana akibat pertemuan dua lempeng yang bergerak.


BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Loading...

Loading...

Artikel Terkait

Ini Daftar Bencana yang Diperkirakan BNPB Terjadi Pada Tahun 2019
4/ 5
Oleh