Sejumlah Faktanya Suara Dentuman Aneh di Sejumlah Wilayah Masih Sangat Misterius - OraLucu News

Sejumlah Faktanya Suara Dentuman Aneh di Sejumlah Wilayah Masih Sangat Misterius


Pagi yang masih gelap netizen ramai-ramai memperbincangkannya suara dentuman aneh dan misterius yang terjadi di tengah malam. Media sosial terutama facebook dan instagram dihebohkan dengan postingan tentang dentuman aneh dan misterius. Dugaan-dugaaan pun mulai bermunculan.

Tambah ramai lagi ketika akun-akun instagram yang memberikan informasi yang tidak tepat. Ada yang menyebut suara tersebut latihan TNI di Ogan Komering Ulu (OKU) dan juga ada pula yang mengatakan dampak erupsi Gunung Anak Krakatau.


Memang dirasakan belakangan muncul pula kabar serupa di Jawa Barat khususnya di Cianjur, Sukabumi hingga Garut Terdengar suara gemuruh di langit.

Terlebih lagi ada ang menyebut uji coba roket di di Stasiun Lapan di Pameungpeuk.

1. Bermula dari Media Sosial


Sudah terhitung sejak dua hari kemarin, warga Ogan Komering Ulu (OKU) dibuat tak bisa tidur nyenyak lantaran mendengar suara dentuman misterius terjadi.

Banyak warga yang panik dan merasa cemas dengan suara dentuman tersebut. Namun juga hyampir semua warga OKU merasa suara dentuman itu bergetar hingga terasa di dada mereka. Rasa penasaran dengan suara tersebut, warga bahkan ingin mempertanyakan kepada pihak BMKG. BMKG mengira suara dentuman itu bersumber dari suara alam.

Melansir dari laman  berbagai jejaring sosial salah satunya Facebook, Beginilah ungkapan warga OKU yang panik mendengar suara dentuman misterius itu yang setelah ditelusuri Tribunsumsel.com, banyak warga yang masih berspekulasi.

Banyaknya informasi bahwa suara dentuman tersebut berasal dari suara para anggota TNI yang sedang mengadakan latihan tempur atau Pusat Latihan Tempur atau Puslatpur. Beberapa warga melalui media Facebook mencoba meredam kepanikan warga bahwa suara dentuman itu merupakan suara latihan tempur yang dilakukan TNI.

Namun beredarnya kabar tersebut dibantah oleh seseorang yang menyatakan dirinya merupakan anggota dari bagian Puslatpur TNI membantah adanya dugaan suara dentuman itu berasal dari para anggota TNi yang sedang melakukan latihan tempur selama dua hari ini

2. Bukan Karena Perubahan Cuaca


"Dari pantauan citra radar dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 01.00 WIB, tidak terlihat kondisi cuaca yang signifikan di daerah OKUS dan sekitarnya."

"Artinya Potensi untuk terjadinya petir/guntur di daerah tersebut bisa dikatakan nil. Untuk sementara mungkin seperti itu, nanti coba kami cari info-info lain."

Hingga berita ini diturunkan, tim dari Tribun Sumsel juga masih terus mencari kebenaran atas beredarnya kabar yang cukup mengejutkan warga OKU, Sumatera Selatan

3. Bukan Latihan Tempur


Kodam II Sriwijaya menegaskan, pihaknya atau jajaran juga sama sekali tidak ada yang melakukan latihan tempur.

Hal ini diungkapkan Kapendam II Sriwijaya Kolonel Infanteri Djohan Darmawan ketika dikonfirmasi Tribunsumsel.com, pada hari Selasa (25/12/2018). "Kodam II dan jajaran tidak ada melakukan latihan tempur," katanya.

4. Warga Jawa Barat Juga Mendengar Suara Dentuman


Suara dentuman misterius terdengar hingga di sejumlah daerah di Jawa Barat. Suara dentuman misterius itu terdengar jelas di wilayah Bandung, Cianjur, Karawang, Purwakartam tidaki sedikit warganet atau netizen yang penasaran dan mempertanyakan suara dentuman misterius itu.

Buldan Mubarok milsanya, beliau juga meminta informasi kepada BMKG terkait suara dentuman misterius itu. Menurut beliau, suara dentuman misterius itu menghebohkan warga Cianjur.

5. Klarifikasi PVMBG


Kasubnit Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau disingkat PVMBG yang bernama Kristianto merevisi pernyataannya soal penyebab suara dentuman misterius.

Awal mula dia menyebut itu adalah dampak anak gunung Krakatau. Karena Berdasarkan pemeriksaan ulang PVMBG belum bisa memastikan hubungan antara suara dentuman yang terdengar di wilayah Sumsel dan Jawa Barat itu tak berhubungan dengan aktivitas erupsi yang disebabkan Anak gunung Krakatau.

6. Bukan Karena Uji Coba Roket


Suara dentuman misterius yang semula di dengan di wilayah OKU Sumatera Selatan kabarnya juga di dengar oleh warga yang ada di wilayah lain seperti Cianjur dan Jawa Barat yang mengira uji coba roket

Tribunsusmel.com menghubungi Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Selasa tanggal 25 Desember 2018 pukul 16.30.

Thomas juga menyatakan bahwa tidak ada hubungannya antara suara yang di dengar di wilayah Jawa Barat dengan yang ada di Sumatera Selatan dan mengaitkannya dengan uji roket Lapan.
Uji roket Lapan sendiri dilaksanakan di waktu pagi hari sehingga membuat banyak netizen yang bertanya-tanya.

"Sama seperti cerita sebelumnya ada suara dan masyarakat mengait-ngaitkannya. Saya rasa itu hal biasa saja," katanya.

Uji roket Lapan juga tidak memberikan dampak seperti menimbulkan suara dentuman. Lebih ke suara desis atau dengung.

"Dan bunyinya bukan dentuman tapi seperti desis. Dan itu tidak mungkin terdengar di banyak kota," katanya.

"Suara kan suara lokal macam-macam bisa saja petir. Hanya saja masyarakat masih sering mengaitkan sesuatu yang biasa tapi dianggap luar biasa," katanya.

Uji coba roket Lapan sendiri dilaksanakan sejak 23 Desember 2018 hingga tangga 27 Desember nanti.

7. Suara Dentuman di Sumsel masih Misteri


Berdasarkan konfirmasi dari pihak-pihak yang berkompeten seperti BMKG, PVMBG, TNI, dan LAPAN suara dentuman di Sumsel masih belum bisa dipastikan karena memang suara dentuman tidak bersumber dari beberapa badan di atas.


BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Loading...

Loading...

Artikel Terkait

Sejumlah Faktanya Suara Dentuman Aneh di Sejumlah Wilayah Masih Sangat Misterius
4/ 5
Oleh